Perjanjian Pengguna dan Ketentuan Layanan

Anda harus membaca dan menyetujui Perjanjian Pengguna dan Ketentuan Layanan di bawah ini sebelum mendaftar dan menggunakan layanan yang disediakan oleh Megaplasa.

 

1. PERSETUJUAN KETENTUAN

Megaplasa menyediakan layanan penawaran dan lelang menurut Perjanjian Pengguna dan Ketentuan Layanan ("KL") berikut ini, yang dapat diperbarui oleh Megaplasa kapan saja tanpa pemberitahuan. Klien bertanggung jawab untuk meninjau versi terbaru dari Ketentuan Layanan.

2. DEFINISI

(1) Megaplasa berarti Megaplasa.com, Indonesia.
(2) Pengguna adalah individu atau badan hukum yang telah terdaftar di situs Megaplasa (selanjutnya disebut sebagai Situs Web).
(3) Perjanjian secara kolektif berarti setiap aturan dan perjanjian yang diposting di Situs Web oleh Megaplasa termasuk, tetapi tidak terbatas pada, Perjanjian Pengguna dan Ketentuan Layanan ini.
(4) Informasi Pengguna adalah informasi yang diungkapkan kepada Megaplasa oleh Pengguna mana pun.

3. LAYANAN & KEWAJIBAN MEGAPLASA

1. Menyediakan laman lelang sesuai kategori/sub-kategori barang yang diminati Pengguna.
2. Menjamin proses lelang berjalan sesuai prosedur normal demi kepentingan Pengguna.
3. Menjaga keamanan dan kelancaran transaksi setiap lelangan pada Situs Lelang.
4. Memantau, menindaklanjuti, serta memastikan bahwa tiap Pengguna mendapat haknya.
5. Menerapkan dan menegakkan aturan yang telah disepakati Pengguna bersama Megaplasa.

4. BARANG YANG DILARANG

Jenis barang yang tercantum di bawah ini tidak diizinkan untuk dibeli menggunakan layanan penawaran pembelian dan lelang Megaplasa :

  1. Barang yang didefinisikan sebagai barang ilegal oleh hukum Indonesia atau oleh hukum negara tujuan.
  2. Barang yang merusak ketertiban umum dan moralitas.
  3. Barang apa pun yang dapat menyebabkan atau mendorong kegiatan kriminal.
  4. Barang berbahaya apa pun, yang mungkin berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan manusia.
  5. Produk dewasa ilegal, produk yang mendorong kekerasan, dll.
  6. Barang yang rusak.
  7. Barang yang mudah terbakar atau meledak.
  8. Warisan budaya.
  9. Produk apa pun yang mungkin melanggar kekayaan intelektual pihak ketiga atau membahayakan kehormatan dan privasi pihak ketiga.
  10. Setiap produk yang dapat membahayakan hak-hak lain dari pihak ketiga.
  11. Produk terlalu besar yang mungkin tidak bisa dikirim karena batasan ukuran/berat.
  12. Alkohol, minuman keras, cairan berbahaya, dll.
  13. Produk yang dilarang untuk diekspor.

Item lain yang didefinisikan tidak pantas oleh Megaplasa.


5. PERILAKU YANG DILARANG

Saat menggunakan layanan Megaplasa, pelanggan dilarang :

  1. Membeli atau menawar produk yang dilarang oleh Megaplasa
  2. Terlibat dalam aktivitas apa pun yang bertentangan dengan perjanjian ini dan/atau pedoman Megaplasa lainnya
  3. Terlibat dalam aktivitas apa pun yang dapat merusak reputasi dan operasi bisnis Megaplasa atau mitra Megaplasa
  4. Aktivitas lain yang didefinisikan sebagai tidak pantas oleh Megaplasa


7. PENAFIAN DAN PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Sehubungan dengan Layanan Belanja, Megaplasa tidak membuat pernyataan atau jaminan mengenai, termasuk tetapi tidak terbatas pada, vendor, kualitas, non-pelanggaran hak dari pihak mana pun, keandalan dan/atau kepatuhan hukum terhadap barang dagangan yang relevan.
  2. Sehubungan dengan Layanan Penawaran Lelang, Megaplasa tidak membuat pernyataan atau jaminan mengenai, termasuk namun tidak terbatas pada, kebenaran, keakuratan, atau keandalan konten, kepatuhan hukum, atau tidak melanggar hak dari pihak mana pun sehubungan dengan pelelangan relatif.
  3. Megaplasa tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan apa pun yang terjadi pada Pengguna yang disebabkan oleh penghentian, keterlambatan, gangguan atau kehilangan data karena saluran komunikasi dan/atau gangguan sistem karena kegagalan komputer.
  4. Megaplasa tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada Pengguna yang disebabkan oleh pelanggaran Perjanjian.
  5. Megaplasa tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun yang terjadi pada Pengguna yang timbul dari atau sehubungan dengan Layanan, kecuali jika hal itu disebabkan oleh kelalaian yang disengaja oleh Megaplasa.

8. PENDAFTARAN

  1. Setiap individu atau badan hukum yang telah menyetujui KL dapat mendaftar di Situs Web.
  2. Pendaftaran keanggotaan untuk seorang individu harus diajukan sendiri dan tidak boleh diwakilkan kepada orang lain.
  3. Pendaftaran keanggotaan untuk suatu badan hukum akan diterapkan atas nama entitas tersebut oleh pejabat atau karyawannya yang memiliki otoritas memadai.
  4. Megaplasa dapat, atas kebijakannya sendiri, menolak aplikasi pendaftaran apa pun.

9. BIAYA

Biaya, termasuk tetapi tidak terbatas pada metode perhitungan dan ketentuan pembayarannya, harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Megaplasa secara terpisah, yang dapat dimodifikasi atau diubah oleh Megaplasa dari waktu ke waktu.

10. PEMBAYARAN BIAYA

Klien akan melakukan pembayaran yang mencakup harga barang dagangan dan biaya terkait sebelum pembelian dagangan tersebut oleh Megaplasa.

11. PENYIMPANAN BARANG UNTUK KLIEN LUAR-NEGERI

  1. Megaplasa tidak membebankan biaya penyimpanan kepada Klien untuk periode 45 hari kalender setelah barang dagangan yang dibeli sehubungan dengan Layanan dikirimkan ke Megaplasa.
  2. Namun, jika periode penyimpanan tersebut di atas melebihi 45 hari, masing-masing Klien harus membayar biaya penyimpanan 10 ribu rupiah per hari untuk setiap item.
  3. Dalam hal bagian yang disebutkan di atas berlaku, Klien masing-masing harus membayar biaya penyimpanan sebelum pengiriman barang dagangan oleh Megaplasa yang menyebabkan biaya penyimpanan.
  4. Jika periode penyimpanan Megaplasa dari setiap barang dagangan yang dibeli, sehubungan dengan Layanan, melebihi 90 hari kalender setelah pengiriman ke Megaplasa, masing-masing Klien akan kehilangan semua hak atas pembelian barang dagangan tersebut.

12. PEMBATALAN PESANAN

Pengguna tidak dapat membatalkan pesanan setelah barang dagangan dibeli dan/atau dimenangkan secara lelang melalui Situs Web.

13. KEBIJAKAN PENGEMBALIAN UANG

  1. Megaplasa tidak menerima dan/atau melakukan pengembalian uang untuk barang yang sudah dibeli, atau dimenangkan secara lelang, keculai jika barang tersebut ternyata tidak sesuai dengan keterangan lelang setelah diterima oleh Pengguna. 
  2. Batas komplain Pengguna atas kondisi barang yang dibeli, atau dimenangkan secara lelang, konfirmasi paling lambat 1x24 jam setelah barang tersebut diterima oleh Pengguna.
  3. Pengembalian uang Pengguna setelah membeli barang, atau menang secara lelang, bila terbukti barang tidak sesuai keterangan, akan dimasukkan ke Saldo Akun Pengguna.
  4. Pencairan dana Saldo Akun oleh setiap Pengguna, dapat dilakukan setiap saat sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Megaplasa.

14. PENGHENTIAN KEANGGOTAAN

Setiap Pengguna dapat, jika diinginkan, mengakhiri keanggotaan hanya oleh dirinya sendiri sesuai dengan prosedur di Situs Web. Setelah menyelesaikan prosedur pengakhiran tersebut, Pengguna tersebut secara otomatis kehilangan status sebagai Klien.

15. PEMBATALAN KEANGGOTAAN

Megaplasa dapat menangguhkan penggunaan Layanan oleh Pengguna mana pun, mengubah ID dan kata sandinya, dan mengakhiri statusnya sebagai Klien, jika ada Pengguna :  

  1. memberikan informasi palsu pada saat pendaftaran keanggotaan atau memberikan informasi palsu tersebut saat menggunakan Layanan,
  2. melanggar hukum dan peraturan atau KL (Ketentuan Layanan),
  3. berpartisipasi dalam perilaku tidak jujur dalam menggunakan Layanan,
  4. salah memasukkan kata sandi beberapa kali yang tidak dapat diizinkan, atau melakukan tindakan lain yang bisa menyebabkan Megaplasa mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan keamanan Pengguna. 

Megaplasa melepaskan tanggung jawab hukum apa pun atas kerugian atau kerusakan yang terjadi pada masing-masing Pengguna yang keanggotaannya dibatalkan atau ditangguhkan.

16. PERUBAHAN LAYANAN

Megaplasa dapat, atas kebijakannya sendiri, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, mengubah atau menghapus seluruh atau bagian dari Layanan setiap saat.

17. PERUBAHAN KETENTUAN LAYANAN

  1. Megaplasa dapat, atas kebijakannya sendiri, merubah, mengganti, mengubah atau memodifikasi bagian-bagian Ketentuan Layanan kapan saja tanpa pemberitahuan sebelumnya. Perubahan, penggantian, amandemen dan/atau modifikasi tersebut akan berlaku pada saat dipostingkannya di Situs Web.
  2. Atas setiap penggunaan Layanan oleh Pengguna setelah perubahan, penggantian, amandemen dan/atau modifikasi tersebut, maka Pengguna dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan KL yang dirubah, diganti, diubah, atau dimodifikasi.

18. YURISDIKSI

  1. Kesimpulan, efektifitas, konstruksi, penegakan, dan/atau penyelesaian konflik dari Ketentuan Layanan akan diatur oleh hukum Indonesia, di mana Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Kontrak untuk Penjualan Barang Internasional tidak berlaku.
  2. Pengguna dan Megaplasa dengan ini setuju untuk tunduk kepada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri yang berlokasi di Jakarta Timur, Indonesia, untuk contoh pertama penyelesaian setiap perselisihan yang timbul dari atau sehubungan dengan Ketentuan Layanan. Pengguna dan Megaplasa selanjutnya sepakat bahwa pengadilan atau lembaga penyelesaian sengketa lainnya tidak memiliki yurisdiksi.
  3. Pengguna dan Megaplasa akan melakukan kewajiban mereka sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan hingga sengketa yang relevan dapat diselesaikan.

19. DISCONTINUASI DAN PENANGGUHAN LAYANAN

Megaplasa dapat, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, untuk sementara waktu menghentikan Layanan jika:

  1. dilakukan pemeliharaan rutin, atau mendesak, sistem dan peralatan terkait yang diperlukan untuk menyediakan Layanan,
  2. terjadi gangguan, termasuk tetapi tidak terbatas pada, dalam jalur komunikasi dan/atau catu daya yang digunakan oleh Megaplasa,
  3. terjadi gempa bumi, topan, banjir, tsunami atau bencana alam lainnya yang menyebabkan situasi darurat; undang-undang, peraturan, dan/atau instruksi pemerintah yang mensyaratkan pembatasan komunikasi seperti itu; maka Megaplasa atas kebijakannya memutuskan bahwa penghentian layanan tersebut diperlukan, atau
  4. adanya kegagalan untuk menyediakan Layanan karena alasan teknis.

Megaplasa melepaskan tanggung jawab apa pun atas kerusakan yang terjadi pada Klien yang disebabkan oleh keterlambatan atau penghentian sementara tersebut.

 

Berlaku effektif sejak : 6 Juni 2020.